Selasa, 09 Desember 2014

Pantai Klayar di Pacitan Punya Batu Berbentuk Sphinx



Pacitan - Keunikan pantai tidak hanya dari pasir atau konturnya. Pantai Klayar di Pacitan menjadi salah satu wisata pantai yang unik di Indonesia karena punya batu berbentuk sphinx!

Pacitan merupakan suatu kabupaten di Jawa Timur. Berada di bagian selatan Pulau Jawa, membuat Pacitan memiliki banyak pantai yang elok dipandang. Namun pantai yang unik di sana, adalah Pantai Klayar.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (22/10/2014) Pantai Klayar memiliki hamparan pasir putih nan halus. Di bibir pantainya terdapat banyak bebatuan karang yang selalu dihempas ombak. Cobalah layangkan pandangan Anda ke bagian kiri pantainya, ada batu karang besar yang berbentuk seperti sphinx!



Inilah keunikan Pantai Klayar yang sudah terkenal. Jika diperhatikan, bentuknya memang mirip Sphinx yakni patung penjaga piramida yang berwujud badan singa sedang duduk dan berkepala manusia. Hanya saja, tidak ada wajah manusia di batu karangnya.

Meski begitu, batu tersebut sudah diberi julukan sebagai batu Sphinx. Entah siapa yang pertama menamainya, yang pasti pantai ini sudah terkenal sejak tahun 2007-an.



Traveler yang penasaran, bisa mendekat dan memanjat batu Sphinx tersebut. Harap diingat, permukaan batunya cukup licin. Sehingga, Anda harus lebih ekstra hati-hati agar tidak terjatuh.

Kalau tidak mau naik, bukan masalah. Dari bawah batu Sphinx, Anda juga bisa melihat lanskap Pantai Klayar yang cantik. Jadi spot yang bagus untuk berfoto!



Cara ke sana:

Pantai Klayar berada di Kecamatan Donorojo atau sekitar 40 km arah barat dari Kota Pacitan. Untuk menempuh perjalanan ke sana naik mobil, dibutuhkan waktu kurang lebih 60 menit lamanya.

Tiket masuk dan parkirnya pun murah, tidak sampai Rp 10 ribu. Di Pantai Klayar sudah banyak warung makan dan homestay. Tapi tenang, suasana di sana masih cukup tenang apalagi jika datang saat weekday. Mau melihat batu Sphinx di Pantai Klayar dari dekat? 

Bersumber dari : Afif Farhan - detikTravel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar