Minggu, 04 Desember 2011

Museum Gunung Merapi di Yogyakarta


Museum Gunung Merapi atau disingkat dengan MGM berada di Dusun Banteng, Desan Hargobinangun, Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Indonesia.

Objek wisata yang berbetuk Museum ini berjarak 600 meter arah selatan dari pintu gerbang obyek wisata Kaliurang, berada pada lahan seluas 3,5 Ha dengan luas bangunan mencapai 4,470 meter persegi. Diresmikan penggunaannya untuk masyarakat umum oleh Kepala Badan Geologi Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), pada bulan oktober 2009.

Museum gunung merapi ini merupakan museum yang menyimpan banyak benda-benda gunung api seperti jenis batu, pasir dan lainnya. Juga foto-foto secara kronologis tentang erupsi gunung berapi.
Selain itu ada Fasilitas lain yaitu unit simulasi tsunami, unit simulasi gempa, koleksi foto erupsi sejak tahun 1930 hingga 2010, serta fasilitas studio untuk pemutaran film erupsi kegunungapian di seluruh Indonesia.

Pada lantai satu terdapat informasi lengkap tentang sebaran lempeng kegempaan dan gunung api di Indonesia dengan metode yang menarik.
Harga tiket masuk museum hanya Rp 3 ribu. Sedangkan tiket pemutaran film tentang erupsi Gunung Merapi seharga Rp 5 ribu.

1 komentar: