Senin, 03 Agustus 2009

PONTIANAK

Kota Pontianak merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Barat di Indonesia. Kota ini juga dikenal dengan nama lain yaitu Khun tien (坤甸) oleh etnis Tionghoa di Pontianak.

Kota Pontianak berada di ketinggian berkisar antara 0,10 meter sampai 1,50 meter diatas permukaan laut. Kota Pontianak dipisahkan oleh Sungai Kapuas Besar, Sungai Kapuas Kecil dan Sungai Landak. Dengan demikian Kota Pontianak terbagi atas tiga belahan.

Kota Pontianak terletak pada Lintasan garis Khatulistiwa makanya terkenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui garis lintang nol derajat bumi. Di utara kota ini, tepatnya di Siantan, terdapat monumen atau Tugu Khatulistiwa yang dibangun pada tempat yang tepat dilalui garis lintang nol derajat bumi.

Suku bangsa penduduk Kota Pontianak terdiri dari Dayak, Tionghoa, Melayu, Bugis, Suku Jawa, Suku Madura dan lainnya. Sebagian besar penduduk memeluk agama Islam (65%), Buddha dan kepercayaan Kong Hu Cu (23,2%), Protestan (4%), Katolik (2,8%), Hindu (0,4%), dan lainnya.

Penduduk sebagian besar memahami bahasa Indonesia dan bahasa ibu masing-masing yakni bahasa Melayu, bahasa Tiociu, bahasa Khek, dan berbagai variasi bahasa Dayak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar