Rabu, 22 Juli 2009

BALI

Bali merupakan sebuah pulau di Indonesia yang dikenal sebagi pulau Dewata, sekaligus menjadi salah satu provinsi Indonesia. Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok.

Luas wilayah Provinsi Bali adalah 5.636,66 km2 atau 0,29% luas wilayah Republik Indonesia. Secara administratif Provinsi Bali terbagi atas 9 kabupaten/kota, 55 kecamatan dan 701 desa/kelurahan.

Pulau Bali adalah bagian dari Kepulauan Sunda Kecil sepanjang 153 km dan selebar 112 km sekitar 3,2 km dari Pulau Jawa. Secara astronomis, Bali terletak di 8°25′23″ Lintang Selatan dan 115°14′55″ Lintang Timur yang mebuatnya beriklim tropis seperti bagian Indonesia yang lain.

Ibukota provinsinya ialah Denpasar, yang terletak di bagian selatan pulau ini. Mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu. Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni-budayanya.

Bali selain terkenal sebagai tempat pariwisata, pulau tersebut juga terkenal dengan hasil buminya yaitu Pohon Jati yang oleh dunia di kenal sebagai Teak sebagai bahan baku pembuatan furniture

Tempat-tempat wisata yang penting di Bali adalah Ubud sebagai pusat seni terletak di Kabupaten Gianyar. Bali terkenal juga karena Pantai-pantainya yang indah seperti Kuta, Sanur, Legian, Turban, Jimbaran, Nusa dua, Lembongan, Amed dan Tulamben, Padang bai, Candi Dasa, Tanah Lot, Lovina, Uluwatu/Padang Padang, Bingin, medewi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar