Jumat, 31 Juli 2009

BANDUNG

Kota Bandung merupakan ibu kota provinsi Jawa Barat, karena terletak di dataran tinggi, Bandung dikenal sebagai tempat yang berhawa sejuk. Hal ini menjadikan Bandung sebagai salah satu kota tujuan wisata. Sedangkan keberadaan perguruan tinggi negeri dan banyak perguruan tinggi swasta di Bandung membuat kota ini dikenal sebagai salah satu kota pelajar di Indonesia. Kota Bandung pada zaman dahulu dikenal sebagai Parijs van Java (bahasa Belanda) atau "Paris dari Jawa".

Bandung terletak di koordinat 107° BT dan 6° 55’ LS. Luas Kota Bandung adalah 16.767 hektare. Kota ini secara geografis terletak di tengah-tengah provinsi Jawa Barat. Dengan demikian, Bandung mempunyai nilai strategis terhadap daerah-daerah di sekitarnya.

Kota Bandung terletak di ketinggian ±768 m di atas permukaan laut rata-rata (mean sea level). Daerah utara Kota Bandung pada umumnya lebih tinggi daripada daerah selatan. Rata-rata ketinggian di sebelah utara adalah ±1050 dpl, sedangkan di bagian selatan adalah ±675 dpl. Bandung dikelilingi oleh pegunungan yang membuat Bandung menjadi semacam cekungan (Bandung Basin).

Kota Bandung dialiri dua sungai utama, yaitu Sungai Cikapundung dan Sungai Citarum beserta anak-anak sungainya yang pada umumnya mengalir ke arah selatan dan bertemu di Sungai Citarum. Dengan kondisi yang demikian, Bandung selatan sangat rentan terhadap masalah banjir.

Bandung dikenal dengan sejumlah besar bangunan lama berasitektur Belanda, antara lain:

* Gedung Sate
* Gedung Dwi Warna
* Gedung Merdeka dan Museum Asia-Afrika
* Gedung Pakuan
* Monumen Bandung Lautan Api
* Gedung Indonesia Menggugat
* Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan
* Museum Geologi Bandung
* Museum Wangsit Mandala Siliwangi
* Kebun Binatang Bandung;
* Observatorium Bosscha, di Lembang
* pusat perbelanjaan Cihampelas dan Cibaduyut
* Lembang, daerah sejuk di Bandung Utara

Selain mengunjungi gedung-gedung bersejarah tersebut, banyak aktivitas menarik yang dapat dilakukan di Kota Bandung, seperti

* wisata kuliner di daerah Bandung Utara dan Lembang
* wisata alam di daerah Bandung Selatan, Bandung Utara, dan Lembang
* wisata alam permandian air panas di Maribaya
* wisata budaya Saung Angklung Udjo Padasuka 118 Saung Angklung Udjo
* wisata alam di kawah gunung Tangkuban Perahu.
* Wisata alam dan kuliner All About strawberry

Aktivitas menarik lain yang saat ini menjadi gaya mutakhir tersendiri di masyarakat adalah mengunjungi pusat barang bekas di Pasar Gede Bage, daerah Dalem Kaum, dan beberapa toko yang secara khusus juga menyediakan barang-barang bekas pakai dengan harga murah, seperti: Babe, Rasek, dsb. Dan ada juga tempat yang menyediakan barang-barang dengan harga yang lebih murah dan biasanya barang tersebut dapat dibeli secara grosir, seperti : Pasar Baru (sekitar Alun-alun Bandung), Pasar Andir, Dll. Selain itu juga bisa mengunjungi toko-toko sepatu dan tas yang ada di Bandung, seperti Elizabeth, Edward Forrer, Kawasan Cibaduyut, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar