Kamis, 17 November 2011

Gunung Tangkuban Parahu Bandung

Gunung Tangkuban Parahu – Bandung – Indonesia

Gunung Tangkuban Parahu atau Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu objek wisata yang berupa gunung yang terletak kurang lebih 20 km ke arah utara Kota Bandung, provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter, dengan dikelilingi pohon pinus dan kebun teh. Bentuk gunung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan adalah lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang.

Gunung Tangkuban Parahu mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Dikawasan Gunung tangkuban perahu mempunyai 3 objek wisata yang berupa kawah yang menarik yaitu kawah Ratu, Kawah Domas dan Kawah Upas. Yang masing-masing kawah mempunyai keunikan tersendiri.

Kawah Ratu

Kawah Ratu dapat kita lihat langsung dari atas dengan pembatas pagar kayu untuk mencegah pengunjung terjatuh. Melihat-lihat dalamnya kawah dengan dinding-dinding kawah dan asap yang masih keluar dari kawah ratu ini. Tanah sekitar kawah ratu ini berwarna putih dengan beberapa batu belerang berwarna kuning. Kering dan gersang sangat terasa disini. Bila anda ingin melihat kawah ratu ini secara menyeluruh, anda harus mendaki lebih tinggi lagi.

Di sepanjang kawah terdapat toko-toko yang menyediakan souvernir-souvernir seperti berbagai macam topi, kaos, topi bulu, syal, gantungan kunci, gelang dan banyak macam lagi. Selain itu juga terdapat deretan tempat makan yang menyediakan minuman hangat dan makanan berupa indomie rebus maupun bakso dan adalagi yaitu tape bakar. Disekitar kawah ratu ini terdapat jasa penyewaan kuda.

Kawah Domas

Kawah Domas merupakan sebuah kawah aktif dimana pengunjung dapat menemukan air mendidih dengan panas sekitar 98 derajat Celcius. Untuk menuju ke kawah domas dapat ditempuh kurang lebih 1,2 km melalui hutan hujan tropis atau kurang lebih 1/2 jam jalan kaki. Di salah satu lubang semburan air panas dapat dipakai untuk merebus telur hingga matang. Dan di beberapa tempat lubang terdapat air hangat yang dapat dipakai untuk merendam kaki. Dengan jam buka dari jam 7.00 sampai dengan jam 16.00.

Kawah Upas

Bila anda ingin sesuatu yang menantang, anda bisa menjelajahi kawah upas. Kawah Upas ini letaknya di sebelah Kawah Ratu, untuk dapat melihat kawah anda harus melalui medan yang berbahaya, dengan jalan berpasir yang harus anda lewati. Anda harus melewati jalan yang berpasir untuk mencapai kawah ini. Bentuk Kawah Upas lebih dangkal dan mendatar dibandingkan dengan kawah Ratu.

Bersumber dari : www.travel2leisure.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar