Senin, 07 November 2011

Makam Pangeran Diponegoro di Makassar

Makam Pangeran Diponegoro terletak di Jl. Diponegoro, Kelurahan Melayu, Kecamatan Wajo, Kota Makassar, Indonesia. Kurang lebih 4 km sebelah utara pusat Kota Makassar (Lapangan Karebosi).

Kompleks makam Pangeran Diponegoro terdiri dari pintu gerbang, pendopo, dan 66 bangunan makam. Dikelompokkan menjadi dua makam yang berukuran besar, 25 makam berukuran sedang, dan 39 makam berukuran kecil. Makam-makam tersebut merukan makam Diponegoro dan istrinya, 6 orang anaknya, 30 orang cucu, 19 orang cicit, dan 9 orang pengikutnya.

Makam Pangeran Diponegoro dan istri merupakan makam yang berukuran besar, dengan menggunakan bahan batu bata, semen, dan batu hongkong, dengan mempunyai atap dengan tiang kayu. Dan di sekitar lokasi makam ditumbuhi beberapa pohon yang membuatnya teduh.

Kondisi kompleks makam sebelumnya masih dalam keadaan yang menyedihkan hingga Pada tahun 1969, Kodam IV Diponegoro (Jawa Tengah) memberikan bantuan materi untuk rehabilitasi kompleks tersebut, begitu juga dengan masyarakat setempat juga turut memberikan bantuan. Dan pada tahun 2007 Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga memberikan bantuan untuk merenovasi kembali, sehingga menjadi seperti yang sekarang ini.

Bersumber dari : www.travel2leisure.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar