Senin, 21 November 2011

Pelabuhan Paotere di Makassar

Pelabuhan Paotere – Makassar – Indonesia

Paotere terletak di Kecamatan Ujung Tanah, yang berjarak ± 5 km (± 30 menit) dari pusat Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Pelabuhan Paotere adalah suatu pelabuhan perahu yang merupakan salah satu pelabuhan rakyat warisan tempo dulu yang masih bertahan dan merupakan bukti peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo sejak abad ke-14 sewaktu memberangkatkan sekitar 200 armada Perahu Phinisi ke Malaka.

Pada saat ini pelabuhan Paotere masih dipakai sebagai pelabuhan perahu-perahu rakyat seperti Phinisi dan Lambo dan juga menjadi pusat niaga nelayan, dimana dapat dilihat disepanjang jalan di pelabuhan berjejer toko-toko yang menjual berbagai macam jenis ikan kering, perlengkapan nelayan, serta beberapa restoran seafood.

Pada pagi hari hingga pukul 10.00 Wita para pengujung dapat melihat aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Paotere dan nelayan yang menjajakan hasil tangkapannya, sementara di ruas-ruas jalan, para pedagang kaki lima menjajakan barang dagangannya yaitu mulai dari souvenir hingga kebutuhan rumah tangga.

Pada sore hari, di kawasan Paotere para pengujung dapat menyaksikan detik-detik matahari tengelam yang indah serta berwisata kuliner seafood dengan dilengkapi sambal khas Makassar yaitu cobe-cobe. Ikan baronang, cepak, kerapu dan bandeng adalah kuliner andalan di warung-warung di kawasan Paotere.

Untuk berwisata memancing disini tempatnya, ada sebuah dermaga yang menjorok kelaut untuk tempat memancing. Jangan takut bagi yang lupa membawa pancing dan umpan, karena disana banyak anak-anak yang menyewakan pancingan dan umpannya.

Bersumber dari : www.travel2leisure.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar